IMG-20231207-WA0030.jpg

Universitas Hang Tuah Pekanbaru Satu-Satunya Kampus Di Riau Penerima Hibah AKSELERASI PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN TINGGI Dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

Diposting oleh : HUMAS UHTP - 07 Desember 2023 - 442 x dibaca

UHTPUnggul- Satu kebanggaan lagi bagi sivitas Akademika UHTP, dimana Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi meloloskan dan menyetujui Proposal Hibah AKSELERASI PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN TINGGI.
Diantara begitu banyak Perguruan Tinggi yang ada di Riau, Universitas Hang Tuah Pekanbaru (UHTP) merupakan satu-satunya yang berhasil meraih bantuan hibah ini. Hal ini tercantum di SK Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan nomor 2459/E2/DT.00.00/2023.

Hibah ini tidak datang begitu saja, namun melalui proses yang panjang dan perjuangan yang berat dan berliku. Diawali dari pembuatan Proposal oleh Tim Penyusun Proposal, yang dipimpin langsung oleh Ketua Prodi Teknik Informatika; Yuda Irawan, S.Kom., M.TI., MTA.

Kegiatan hibah yang dilaksanakan pada bulan Juni s/d November 2023 telah selesai dilaksanakan dan pada Kamis (7 Desember 2023) dilaksanakan seminar hasil dari kegiatan hibah APKP tersebut.
Seminar hasil ini diikuti oleh 108 Prodi Teknik Informatika dari Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia dan dilaksanakan secara daring.

Didalam pemaparan seminar hasil hibah, Yuda Irawan, SKom., MTI., MTA menjelaskan bahwa untuk menyiapkan mahasiswa menghadapi perubahan dan kemajuan teknologi di era 4.0, maka kompetensi mahasiswa harus disiapkan untuk lebih tanggap dengan kebutuhan zaman. Untuk ini perlu dikembangkan kurikulum yang inovatif, adaptif dan kolaboratif untuk mendukung implementasi MBKM sesuai KKNI dan SN Dikti dengan pendekatan Outcome-Based Education (OBE) yang selaras dengan kebutuhan industri 4.0.

Kemudian Yuda Irawan menjelaskan juga kegiatan dari pengerjaan hibah.
" Terdapat 3 kegiatan utama, dimulai dari perancangan kurikukum OBE-MBKM dan perangkat pembelajaran. Pada tahapan ini dilakukan reorientasi atau pengembangan kurikulum untuk perbaikan dan penataan capaian pembelajaran lulusan, perbaikan bahan kajian sesuai kebutuhan di era industri 4.0, perancangan model pembelajaran dan mekanisme penilaian. Selain itu pada tahapan ini dilakukan evaluasi yang akan menghasilkan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK), perbaikan bobot SKS, menyusun matrik kurikulum, merancang Rencana Pembelajaran Semester (RPS), instrumen penilaian dan mengembangkan bahan ajar dan perangkat pembelajaran", papar Yuda Irawan.

Selanjutnya, Ketua Pelaksana Kegiatan hibah ini menjelaskan tahapan berikutnya.
" Tahapan selanjutnya adalah Penyusunan Dokumen Rencana Implementasi Pembelajaran diluar Perguruan Tinggi. Pada tahapan ini dilakukan penyusunan panduan, Panduan Operasional Baku (PIB) dan Standar Operating Procedure (SOP). Dimana dokumen-dokumen tersebut diperlukan sebagai landasan untuk program MBKM. Tahapan terakhir implementasi kegiatan MBKM", jelas nya.

Diakhir seminar, Yuda Irawan, S.Kom., MTI., MTA,  menyatakan harapannya.
" Semoga dengan diraihnya hibah sebesar 80 juta rupiah ini, dapat mengakselerasi Prodi Teknik Informatika UHTP untuk dapat melaksanakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) secara Mandiri,  dan meningkat kompetensi lulusan sesuai dengan kebutuhan di era industri 4.0", tutur Yuda Irawan, S.Kom., M.TI., MTA.


(auk)