20231209_104039.jpg

51 Orang Mahasiswa UHTP Selesai Mengikuti Program MBKM Magang Bersertifikat Tahun 2023

Diposting oleh : HUMAS UHTP - 09 Desember 2023 - 229 x dibaca

UHTPUnggul - Program MBKM atau Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka merupakan terobosan dalam sistem pendidikan Indonesia yang diprakarsai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Dimana dengan program MBKM ini memberikan keleluasaan bagi mahasiswa dalam membentuk masa depannya melalui eksplorasi bakat dan minat.

Jenis kegiatan yang ada di program MBKM seperti Magang Bersertifikat, Studi Independen, Kampus Mengajar, Indonesian International Student Mobility Awards, Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Membangun Desa (KKN Tematik), Proyek Kemanusiaan, Riset atau penelitian.

Terkait kepada Pelaksanaan Program MBKM tahun 2023 ini, ada 51 orang mahasiswa UHTP yang mengikutinya. Program ini diikuti oleh mahasiswa dari Prodi Kesehatan Masyarakat, Keperawatan, Kebidanan, Sistem Informasi (SI) dan Teknik Informatika (TI). Dosen Pendamping sebanyak 10 orang Dosen dari Prodi yang ada dilingkungan kampus UHTP.

Program MBKM yang diikuti oleh mahasiswa UHTP ini dilaksanakan selama 4 bulan bertempat di beberapa instansi, yakni : Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau, Kantor Kesehatan Pelabuhan Pekanbaru,  Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru, Dinas Kominfo Kota Pekanbaru,
BPBD Kota Pekanbaru, Rumah Sakit Eria Bunda Pekanbaru, Puskesmas Lima Puluh dan HosCloud Pekanbaru

Salah seorang mahasiswa peserta MBKM ini, Ulfa Abiyah, mahasiswi Prodi S1 Kesehatan Masyarakat semester 7, Peminatan PKIP, mengutarakan pengalamannya selama mengikuti Program Magang Bersertikat ini Dinas Kesehatan Provinsi Riau.
" Banyak ilmu yang  didapat dan pengalaman juga. Bahkan dari yang tidak bisa menjadi bisa, dari yang tidak tau menjadi tau, wawasan sangat terbuka luas. Dengan ada nya MBKM ini, peluang Ulfa untuk kerja di Instansi magang tersebut terbuka lebar, karena sudah memiliki relasi dan sudah memiliki bekal kemampuan diri untuk menghadapi dunia kerja. ", ungkap Ulfa Abiyah dengan semangat.

Ketika ditanyakan manfaat mengikuti Program MBKM ini, Ulfa menyebutkan banyak manfaat yang dirasakannya.
" Banyak manfaat yang didapatkan, yaitu relasi yang dimiliki semakin banyak dan pengetahuan semakin luas karena banyak bertukar pikiran dengan orang yang berbeda-beda di Instansi. Bahkan dengan adanya MBKM ini bisa menjadi wadah untuk mengasah kemampuan diri", jelas Ulfa.

Ulfa juga titip berpesan kepada mahasiswa UHTP yang ingin ikut Program MBKM UHTP.
" Kepada adik-adik kelas yang ingin mengikuti program MBKM, ikuti lah program MBKM ini dengan baik, karena ada banyak hal yang kita dapatkan, yang tidak akan didapatkan oleh orang lain yang tidak mengikuti MBKM", tutur Ulfa.

Penutupan Program MBKM dilaksanakan mulai dari tanggal 5 hingga 8 Desember 2023, yang dilaksanakan sesuai tempat MBKM diadakan.


(auk)