318835490_1553845798387196_1303311466827492101_n.jpg

Upaya UHTP Dalam Meningkatkan Capacity Building Kader Posyandu di Pekanbaru

Diposting oleh : HUMAS UHTP - 13 Desember 2022 - 112 x dibaca

 

sahabat_UHTP.

Keberadaan kader Posyandu di kota Pekanbaru, memiliki peran penting sebagai garda terdepan dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Namun, masih banyak kader yang belum memiliki pemahaman dan keterampilan yang memadai dalam melaksanakan tugasnya sebagai kader.  

 

Sejalan dengan hal ini, salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan oleh dosen yakni Pengabdian Kepada Masyarakat. Dimana dosen perguruan tinggi wajib melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan setiap semesternya. 


 

Terkait kepada Progam Pengabdian kepada masyarakat ini, dosen pengampu mata kuliah Gizi, Prodi Gizi dan Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesmas UHTP, yang diketuai Ibu DR. Mitra, SKM,. MKM dan Ibu Nurlisis, SKM., M.Kes mengadakan pengabdian ke Posyandu setiap bulannya di kota Pekanbaru. Pada bulan Desember 2022 ini, UHTP melaksanakan kegiatan rutin di Posyandu Balita Kasih RW 10 Kelurahan Tangkerang Labuai Kecamatan Buki Raya Pekanbaru.

 

Mengutip apa yang disampaikan oleh DR. Mitra, SKM., M.Kes, bahwa pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat di Posyandu yang ada di Kota Pekanbaru, adalah salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan kader tentang peran aktif kader dalam pelayanan kemasyarakat, khususnya ke ibu-ibu dan balita.

ada tiga langkah mudah pantau tumbuh kembang buah hati ayah bunda, pertama, membawa anak ke Posyandu, kedua, memenuhi kebutuhan gizi seimbang dan ketiga pemanfaatan buku KIA (kesehatan Ibu Anak)” ungkap DR. Mitra, SKM., MKM di lokasi Posyandu RW 06 Tangkerang Labuai.




Hal senada juga diungkapkan juga oleh Ibu Nurlisis, SKM., M.Kes tentang pembinaan kader posyandu balita. “ Planning kita dosen gizi kesehatan masyarakat bahwa akan melakukan pembinaan pada kader lansia. Edukasi peningkatan pengetahuan kader terhadap pencegahan stunting, dimana stunting masih banyak ditemukan di masyarakat kota Pekanbaru,” ungkap Nurlisis, SKM., M.Kes yang saat ini sedang mengambil program Doktoral (S3) Kesehatan Masyarakat di Unand Padang.



(humas_uhtp)