Rakaornas2023-1015x1024.jpg

Universitas Hang Tuah Pekanbaru Turut Serta Hadir Di Rakornas APTIKOM 2023

Diposting oleh : HUMAS UHTP - 08 Desember 2023 - 789 x dibaca

UHTPUnggul - APTIKOM atau Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer tahun 2023 ini menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas). Rakornas yang diselenggarakan di kota Malang berlangsung 3 hari, dari tanggal 07 - 09 Desember 2023 yang dihadiri 672 orang dari seluruh Perguruan Tinggi penyelenggara pendidikan bidang ilmu komputer, teknologi informasi, dan informatika. yang ada di Indonesia.

Rakernas APTIKOM tahun 2023 mengusung tema “Empowering Education and Research on Artificial Intelligence for Improving National Competitiveness”. Dimana penyelenggaraannya dilaksanakan di Dome Kampus III Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Rakernas APTIKOM kali ini, Universitas Hang Tuah Pekanbaru, mengutus perwakilan untuk hadir mengikuti jalannya Rakernas. Dimana Dekan Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM); DR. RIKA MELYANTI MUCHTAR1, S.Kom.M.Kom langsung hadir mewakili Rektor UHTP.

Sebagaimana dilansir di berita web APTIKOM, bahwa ada beberapa agenda kegiatan dilaksanakan di Rakernas APTIKOM tahun 2023 ini, yakni Call for Paper SEMNASTIK APTIKOM 2023, Call for Paper ICIC 2023, Berbagai Klinik Pengembangan Instusi & Program Studi, Sharing Pengalaman Best Practice Dari Berbagai Perguruan Tinggi, Sharing Pengalaman Dari Berbagai Insdustri Bidang TIK, Kerjasama Perguruan Tinggi Untuk Penguatan Tri Dharma PT, dan terakhir Pameran & Exhibition dan Kunjungan Wisata (City Tour)

Disamping kegiatan yang sudah diagendakan panitia Rakernas, ada agenda lainnya yang tidak kalah penting untuk ditindaklanjuti, dan ini untuk kemajuan UHTP khususnya di FILKOM UHTP.
Sebagaimana yang diutarakan Dekan FILKOM, agenda tersebut, seperti membuka peluang kerjasama dan melakukan upaya untuk mendapatkan kuota dengan mitra untuk MSIB salah satunya dengan MAXY ACADEMY yang kurikulum pembelajaran co design dengan industri dan university dan staf pengajarnya merupakan expert dibidangnya.

Kemudian, DR. Rika Melyanti Muchtar, S.Kom., M.Kom juga menyebutkan tujuan lain kehadiran UHTP di Rakernas APTIKOM
" Kita ingin mengetahui praktik baik implementasi mutu dari kampus-kampus yang sudah mendapatkan akreditasi unggul. Disamping itu untuk mempelajari dan menerapkan konsep smart  classroom", ujarnya.

Diakhir wawancara dengan Dekan Filkom yang saat ini masih berada di Malang, Dekan menyampaikan bahwa kehadiran di Rakernas juga untuk  mendapatkan informasi terkini tentang perkembangan ilmu Informatika dan komputer baik dari sisi akademik maupun industri.




(auk)