IMG-20240105-WA0031.jpg

Universitas Hang Tuah Pekanbaru Gelar Pembekalan Panitia SPMB TA 2024/2025 Yuk Kuliah Di UHTP Unggul

Diposting oleh : HUMAS UHTP - 05 Januari 2024 - 558 x dibaca

UHTPUnggul - Universitas Hang Tuah Pekanbaru, mengadakan Pembekalan untuk Panitia SPMB dan Tim Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru UHTP TA 2024/2025.

Pembekalan yang diadakan Jumat (05/01/2024) ini, bertempat di Aula Prof. Dr. dr. Bukhari Lapau, MPH, kampus 2 UHTP.
Acara pembekalan yang bertajuk " Pemantapan Pemahaman Akademik dan RPL Tim SPMB Dalam Rangka Meningkatkan Animo Calon Mahasiswa Baru Universitas Hang Tuah Pekanbaru", dihadiri oleh Pengurus Yayasan Hang Tuah Pekanbaru ,  Wakil Rektor 1, Kepala BPMPP, Dekan, Ketua Prodi dan Panitia SPMB UHTP.

Ketua Yayasan Hang Tuah Pekanbaru; dr. H. Zainal Abidin, MPH, pada kata sambutannya menyebutkan bahwa panitia yang dibentuk merupakan ujung tombak yang bekerja secara profesional untuk mensosialisasikan Universitas Hang Tuah Pekanbaru ke masyarakat.
" Dalam hal ini, perlu menggandeng alumni dan juga menjalin kerjasama dengan SMA/SMK. Kita optimis, target penerimaan mahasiswa baru UHTP insyaAllah tercapai. Universitas Hang Tuah Pekanbaru makin berjaya", tutur Ketua Yayasan penuh optimis.

Pada kata sambutan pembekalan, Ketua Umum SPMB UHTP TA 2024/2025,  Ahmad Satria Efendi, SKM., M.Kes, mengungkapkan bahwa RPL merupakan satu hal baru. RPL ini pun perlu dipahami oleh Panitia SPMB, khususnya Tim Promo, agar bisa memberikan pemahaman ke siswa SMA/SMK.

"Ada beberapa hal penting untuk SPMB tahun 2024 ini, yakni Komposisi Tim SPMB berbeda dengan tahun lalu. Tahun sebelumnya berfokus ke Tim SPMB Universitas. Sedangkan untuk tahun ini, Tim Promosi dibagi 2, yakni Tim Promosi Universitas dan Tim Fakultas. Target promo yang sudah di mapping, kemudian Tim Promosi turun berdasarkan wilayah, yakni Dalam Kota Pekanbaru dan Kabupaten/Kota diluar Pekanbaru. Tim promo yang turun, mensosialisasikan dan nantinya Fakultas yang akan memfollow up.
Selanjutnya, panitia pendaftaran,  seleksi, dan wawancara agar bisa dipercepat tahapan dan proses nya", jelasnya.

Pada kesempatan ini Ketua SPMB juga mengemukakan bahwa target SPMB TA 2024/2025 sebanyak 1250 mahasiswa.

Pada pemaparan Materi Pembekalan, Wakil Rektor 1, Ns. Lita, M.Kep, menjelaskan Model Pembelajaran yang diterapkan di kampus UHTP.
" Kita menerapkan Kurikulum OBE (Outcomes Based Education) dengan pendekatan SCL (Student Centred Learning). SCL dimaksud adalah capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang mengutamakan pengembangan kreativitas, kapasitas, kebutuhan mahasiswa, dan mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan. Dalam hal ini, dosen sebagai fasilitator dan kontributor", papar Ns. Lita, M.Kep.

Kepala BPMPP; Dr.Yessi Harnani , SKM., M.Kes, selaku pemateri kedua, lebih menjelaskan secara detail perihal Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).
" UHTP untuk tahun ini, telah menerima pendaftaran calon mahasiswa baru melalui jalur RPL.
RPL merupakan pengakuan atas capaian pembelajaran (CP) seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal, non formal, informal dan atau pengalaman kerja sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan formal dan untuk melakukan penyetaraan dengan kualifikasi tertentu", jelas Kepala BPMPP.

Selanjutnya Kepala BPMPP menjelaskan tipe RPL
" RPL digolongkan dalam 2 tipe yakni Tipe A dan tipe B. RPL Tipe A digunakan untuk melanjutkan pendidikan formal. Sedangkan tipe B digunakan untuk memperoleh pengakuan kesetaraan dengan kualifikasi level KKNI tertentu", paparnya.

Selesai pemaparan materi, dilanjutkan diskusi dan tanya jawab,  dengan dipandu pembawa acara; M Sukamdani Rosa Pahlevi, SE.
Terlihat diruangan aula, panitia yang hadir sangat antusias mengajukan pertanyaan. Karena tahun 2024 ini, ada hal baru yang harus disampaikan kemasyarakat, yakni penerimaan calon mahasiswa jalur RPL.

Acara Pembekalan Panitia SPMB, akhirnya ditutup dengan foto bersama. Senyum sumringah penuh optimis tergambar diraut wajah dari seluruh peserta yang hadir. Semoga target penerimaan Mahasiswa Baru TA 2024/2025 ini dapat tercapai.


(auk)