IMG-20231224-WA0036.jpg

Universitas Hang Tuah Pekanbaru Berkokaborasi Dengan Yayasan Masyarakat Pelestari Lingkungan Indonesia Dalam Mengatasi Persoalan Bidang Kesehatan dan Lingkungan

Diposting oleh : HUMAS UHTP - 25 Desember 2023 - 222 x dibaca

UHTPUnggul - Yayasan Masyarakat Pelestari Lingkungan Indonesia (MAPEL), pada Minggu pagi (24/12/2023) melaksanakan bakti sosial, menanam bibit pohon, santunan anak yatim dan pelantikan PAC MAPEL kecamatan Sail.
Acara yang diadakan dilapangan sepak bola kecamatan Sail, dibuka oleh  Herlandria, SPT, M.Sc; Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru, yang pada kesempatan ini mewakili Pj Walikota Pekanbaru; Muflihun, S.STP., M.AP.

Keiikut sertaan Universitas Hang Tuah Pekanbaru pada kegiatan Yayasan Mapel ini, adalah juga dalam rangka Pengabdian Masyarakat. Dimana UHTP mengadakan cek Kesehatan gratis kepada Peserta dan masyarakat yang hadir pada acara tersebut.
" Untuk acara ini, kita membawa Tim UHTP yang terdiri dari Tim kesehatan, Tim Promosi Kampus, serta mahasiswa/i Keperawatan dan kebidanan", ujar GATOT JUARSONO, S.Sos., M.KM; Ka.Bag Humas Universitas Hang Tuah Pekanbaru, yang membidangi keHumasan, Protokoler, Marketing dan promosi serta Publikasi dan Pemberitaan.

Selanjutnya Gatot Juarsono, S.Sos., M.KM, menerangkan kegiatan yang dilaksanakan pada acara yang ditaja Yayasan Mapel Pekanbaru ini.
" Kita turut serta mengikuti seluruh rangkaian kegiatannya. melaksanakan bakti sosial, menanam bibit pohon, memberikan santunan pada anak yatim dan cek kesehatan gratis. Pada cek kesehatan gratis, kita melakukan cek tensi, cek gula darah dan cek kolestrol serta kita juga memberikan konsultasi kesehatan lainnya. Alhamdulillah, masyarakat sangat antusias mengunjungi stand UHTP", papar Gatot.

Senada dengan apa yang disampaikan Ka.Bag Humas UHTP, Kepala Unit Kerjasama dan Hubungan Internasional BENI YULIANTO, SKM. MKL mengungkapkan bahwa Universitas Hang Tuah dan Mapel berkolaborasi dalam bidang kesehatan dan lingkungan. Dalam bidang kesehatan, UHTP  memberikan pemeriksaan gula gratis kepada masyarakat, dalam bidang lingkungan, UHTP kedepan nya akan bekerjasama dalam kegiatan pengelolaan sampah di masyarakat dengan Mapel Pekanbaru.

Wakil Dekan Kesehatan dan juga Ketua Umum SPMB UHTP T.A 2024/2025; AHMAD SATRIA EFENDI, SKM., M.Kes, yang berkesempatan hadir, mewakili Rektor, menyampaikan apresiasinya atas kegiatan bakti sosial yang ditaja Yayasan Mapel.
" Saya sangat mengapresiasi kegiatan Masyarakat Pelestari Lingkungan (Mapel) Kota Pekanbaru, dalam melakukan penanaman bibit pohon sebagai bentuk kegiatan untuk mendukung kondisi lingkungan dimasa yang akan datang, yang sehat dan preventif terjadinya banjir.
Sejalan dengan hal tersebut, selain penanaman bibit pohon, investasi masa depan utk menciptakan kondisi lingkungan yang sehat perlu dikelola oleh SDM yang berkompeten dan memahami tentang aspek dibidang kesehatan lingkungan, untuk itu Universitas Hang Tuah Pekanbaru, mempunyai wadah untuk menciptakan SDM yang berkompeten di bidang kesehatan lingkungan dengan mendaftar di prodi S1 kesehatan Masyarakat atau S2 Magister kesehatan masyarakat. Dinlmana salah satu peminatannya adalah kesehatan lingkungan", papar Wakil Dekan Kesehatan UHTP.

Disela-sela pembagian brosur dan kalender di stand UHTP, Wakil Dekan Kesehatan., menerangkan tujuan pembagian bahan promosi UHTP.
" Kegiatan Yayasan Mapel hari ini, merupakan satu kesempatan yang bagus juga untuk kita, bisa menjadi ajang promosi kampus, dimana Tim Promosi yang sudah dibentuk dapat mempromosikan UHTP. Target kita untuk TA 2024 nanti, mahasiswa yang mendaftar sebanyak 2.000 orang. Saya dan tim promo yang sudah dibentuk yakin, insyaAllah, target ini dapat dicapai. Doakan ya, ujar Ahmad Satria Efendi, SKM., M.Kes optimis.


(auk)