payung_2.png

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama Musim Hujan

Diposting oleh : HUMAS UHTP - 02 November 2022 - 546 x dibaca

#sahabatUHTP

 

Saat ini sebagian kota di Indonesia sudah memasuki musim hujan, termasuk Kota Pekanbaru, hujan datangnya tidak bisa kita prediksi, bisa siang atau malam. Dimusim hujan seperti sekarang ini, tentunya  kita perlu menjaga kondisi tubuh tetap fit dan terhindar dari penyakit. Berikut admin ingin berbagi tips menjaga kesehatan tubuh disaat musim (dilansir dari situs https://dinkes.kalbarprov.go.id/)

  1. Rajin cuci tangan

Cara paling mudah untuk menjaga kesehatan tubuh selama musim hujan adalah dengan rajin cuci tangan. Sebab, banyak virus dan bakteri bermunculan ketika curah hujan sedang tinggi. Hal ini membuat kita memiliki potensi besar untuk terjangkit hal-hal berbahaya dari kegiatan sederhana seperti memegang susuran tangga, atau kursi dan meja di tempat umum yang terpapar air hujan.

 

  1. Jangan sentuh wajah

Kurangi frekuensi menyentuh wajah. Sebab, virus flu umumnya memasuki tubuh manusia melalui mata, hidung, dan mulut. Ditambah, telapak tangan adalah salah satu bagian tubuh yang paling kotor. Oleh karena itu, tahan keinginan untuk mengucek mata, menyeka keringat di dahi, atau hal-hal lain yang berhubungan dengan menyentuh wajah secara langsung. Gunakan tisu atau sapu tangan bersih jika memang diperlukan untuk melakukan kontak dengan wajah.

 

  1. Lindungi diri dari air kotor

Selokan mampet dan genangan-genangan kotor merupakan pemandangan umum yang dapat saksikan selama musim hujan. Kedua hal tersebut juga merupakan sumber penyakit-penyakit, seperti diare, influenza, kolera, dan infeksi jamur pada kulit.

 

  1. Konsumsi makanan sehat

Konsumsi makanan yang mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, seperti buah dan sayur. Kandungan fitonutrien yang ada di kedua makanan tersebut, baik untuk kesehatan dan dapat membantu melawan bakteri dan virus yang menyerang tubuh.

 

  1. Jauhkan nyamuk dari kehidupan anda

Populasi nyamuk berkembang pesat saat musim hujan karena banyaknya genangan air yang bermunculan. Genangan tersebut biasanya menjadi tempat nyamuk berkembang biak.

Untuk mencegah demam berdarah maupun penyakit lain yang disebabkan oleh nyamuk, jangan malas dalam membersihkan rumah secara rutin. Periksa pot bunga, ember yang tidak terpakai, selokan, saluran air, dan tempat-tempat lain yang dapat menampung genangan air. Bersihkan genangan tersebut dan tutup dengan rapat sampai musim hujan berakhir.

 

  1. Minum teh herbal dan air putih

Teh herbal memiliki manfaat untuk meredakan batuk, demam, dan radang tenggorokan, yang kesemuanya merupakan penyakit-penyakit umum saat musim hujan. Untuk membuat teh tersebut semakin baik khasiatnya, tambahkan bahan-bahan yang dapat menghangatkan tubuh seperti jahe, cengkeh, basil, atau mint.

Manfaat air putih untuk kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Minuman yang satu ini akan membantu tubuh dalam membantu pembuangan zat yang tidak diperlukan oleh tubuh. Air putih juga dapat membantu menyingkirkan dahak atau lendir bagi yang sedang mengalami flu.

 

  1. Bawa minyak kayu putih

Terakhir, kita bisa sedia minyak kayu putih sebagai salah satu cara menjaga kesehatan tubuh saat musim hujan. Aroma minyak kayu putih dapat membantu Anda bernapas dengan mudah dan membuat tubuh lebih rileks. Minyak ini dapat menjadi teman terbaik saat musim hujan ketika hidung tersumbat karena flu, badan terasa lemas karena penyakit lain, atau kelelahan bepergian di musim hujan.

 


(humas_uhtp)

 

#UHTP_unggul2036

#UniversitashangtuahPekanbaru_UHTP

#MerdekaBelajar_KampusMerdeka

#Salam Sehat.

#musimhujan

#jagadayatahantubuh