web11.JPG

Sukses Selenggarakan Lokakarya Implementasi MBKM dan Telaahnya, Universitas Hang Tuah Pekanbaru semakin mantap terapkan program MBKM

Diposting oleh : Asep Marzuki - 23 Juli 2023 - 455 x dibaca

Pekanbaru, 23 Juli 2023 - Universitas Hang Tuah Pekanbaru sukses menyelenggarakan Loka Karya Implementasi MBKM (Mata Kuliah Berbasis Masyarakat) yang berlangsung selama dua hari, yaitu pada tanggal 22 hingga 23 Juli 2023 di Alpha Hotel. Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah narasumber terkemuka, di antaranya Dr. Elmina Tampubolon, SKM, M.Kes dari Universitas Sumatera Utara, dan Ir. Lisye Fitria, M.T. dari Institut Teknologi Nasional.

Loka Karya Implementasi MBKM ini bertujuan untuk memperkuat konsep pendidikan tinggi yang berbasis pada penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan dengan kebutuhan masyarakat. Para narasumber berbagi pengalaman dan wawasan mereka tentang strategi implementasi MBKM di perguruan tinggi dan bagaimana cara menjalin kemitraan yang kuat dengan masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya.

Dr. Elmina Tampubolon, seorang pakar di bidang kesehatan masyarakat dari Universitas Sumatera Utara, menyampaikan pentingnya integrasi antara teori dan praktek dalam kurikulum MBKM. "Kita harus memastikan bahwa ilmu yang diajarkan di kampus dapat diaplikasikan secara langsung untuk memecahkan masalah kesehatan dan sosial di tengah masyarakat. Hal ini akan memberikan manfaat yang nyata bagi kesejahteraan rakyat," ungkapnya.

Sementara itu, Ir. Lisye Fitria dari Institut Teknologi Nasional menekankan pentingnya teknologi dalam MBKM. "Dunia terus bergerak maju dengan adanya perkembangan teknologi. Kita perlu memastikan bahwa mahasiswa memiliki kompetensi dalam penerapan teknologi terkini untuk menghadapi tuntutan pekerjaan di masa depan," ucapnya saat menjadi narasumber dalam diskusi panel.

Para peserta loka karya, terdiri dari dosen dan tenaga kependidikan dari berbagai fakultas di Universitas Hang Tuah Pekanbaru, antusias dalam menyimak paparan dari kedua narasumber tersebut. Mereka juga berkesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan berdiskusi langsung mengenai tantangan dan potensi penerapan MBKM di lingkungan kampus mereka.

Kegiatan Loka Karya Implementasi MBKM Universitas Hang Tuah Pekanbaru ini menjadi momen penting dalam mendukung pengembangan MBKM di perguruan tinggi di Indonesia. Dengan melibatkan narasumber yang berkompeten dan berpengalaman seperti Dr. Elmina Tampubolon dan Ir. Lisye Fitria, diharapkan penerapan MBKM di universitas dapat semakin berfokus pada kepentingan masyarakat dan menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi serta mampu memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan bangsa.