20240103_215804.jpg

Rektor UHTP dan Plt Kepala LLDIKTI XVII Audiensi Bersama Gubernur Riau

Diposting oleh : HUMAS UHTP - 02 Januari 2024 - 631 x dibaca

UHTPUnggul - Rektor Universitas Hang Tuah Pekanbaru  (UHTP); Prof. Dr. Syafrani, M.Si bersama dengan Dr. Muhardi, S.Kom., M.Kom mendampingi Plt Kepala LLDIKTI XVII; Afdalisma, SH., M.Pd, melakukan audiensi bersama Gubernur Riau (Gubri) Brigjen TNI (Purn) Edy Natar Nasution, S.IP

Audiensi yang dilakukan oleh Plt Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) wilayah XVII juga didampingi oleh Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Wilayah Provinsi Riau. Pertemuan audiensi yang  dilangsungkan Selasa (02/01/2023) bertempat Rumah Dinas Wakil Gubernur Riau, Jalan Sisingamangaraja, Kota Pekanbaru.

Pada audiensi ini, Gubri didampingi oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau; Dra. Mimi Yuliani Nazir, Apt.,MM.

Prof Dr H Syafrinaldi (Ketua APTISI Wilayah Riau), pada pertemuan dengan Gubri mengungkapkan bahwa  Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Wilayah Provinsi Riau memberikan fasilitasor dalam pertemuan untuk kemudahan keberlangsungan LLDIKTI wilayah Riau dan Kepri. Ia menambahkan, hal ini lantaran pejabat lembaga tersebut telah ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).
" Pertemuan ini ada dua elemen, pertama dari Aptisi Riau dan LLDIKTI 17. Kami ingin mendapatkan arahan langsung dari bapak Gubernur dan sekaligus silaturahmi bahwa sudah ada pejabat LLDIKTI 17 yang ditunjuk dari kementerian,” ujar Syafrinaldi.

Sementara itu, Plt Kepala LLDIKTI Wilayah XVII Afdalisma,SH., M.Pf, menuturkan tindak lanjut dari progres kelembagaan ini harus di pergesa. Menurutnya, karena bagaimanapun sudah keluar Peraturan Menteri dan harus beroperasional di tahun 2024.

“Dengan begitu butuh koordinasi bersama pemerintah daerah terkait sumber daya manusia, sarana dan prasarana, hingga aksesnya. Ini yang kita coba koordinasi bersama. Sehigga, kantor LLDIKTI wilayah Riau pada bulan Januari juga sudah bisa melaksanakan aktivitas perkantoran,” tuturnya.

“Harapan kami tentu inginnya ditindak lanjuti. karena memang lldikti 17 sudah ada. Riau sebagai wilayah kantor yang di tunjuk kantor lokasi juga harus berbenah dan siap harus mendukung segala supaya kantor lldikti dapat mengawal perguruan tinggi di Riau dan Kepri bisa berjalan dengan baik,” harap Afdalisma.

Gubernur Riau; Brigjen TNI (Purn) Edy Natar Nasution, S.IP, mengungkapkan, untuk proses teknis pembangunan dan sumber daya manusia tentunya harus dilakukan. Sehingga, perlu dibahas lebih lanjut bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau

Kemudian Gubri juga mengungkapkan "Dari pertemuan ini, saya sudah banyak mendengarkan pendapat. Oleh karna itu untuk menindak lanjutinya saya sudah konfirmasi ke bapak Sekda agar di bahas bersama-sama. Sehingga dari perkembangan itulah yang coba kita lanjutkan," jelas Gubri.

Terkait audiensi ini, Dr. Muhardi, S.Kom., M.Kom, menjelaskan harapannya.
" Saya selaku dosen dan pimpinan perguruan tinggi, berharap LLDIKTI wilayah XVII segera operasional di kota pekanbaru sehingga segala urusan administrasi perguruan tinggi swasta (PTS) yang berkaitan dengan LLDIKTI akan cepat, karena sudah berada dikota Pekanbaru.
Kalau selama ini harus berurusan ke kota Padang karena kantor LLDIKTI X ada di kota Padang, yang harus ditempuh lebih kurang 8 hingga 9 jam perjalanan", tutur Dr. Muhardi, S.Kom., M.Kom


(auk)