thum.jpg

Prodi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Universitas Hang Tuah Pekanbaru menyelenggarakan Seminar International dihadiri 7 Negara

Diposting oleh : Asep Marzuki - 21 Juli 2023 - 901 x dibaca

Program Studi (Prodi) Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Universitas Hang Tuah Pekanbaru menggelar acara Tahunan Seminar International dengan Tema " Digital Transformation of Health Quality Services in the Healthcare Industry during Disruption and Society 5.0 Era" 


dengan maksud melihat Transformasi digital yang telah berperan dalam merevolusi berbagai industri, terutama dibidang kesehatan sektor. Teknologi dibidang kesehatan memungkinkan seseorang memiliki hidup yang lebih sehat, umur yang lebih panjang harapan, dan kehidupan yang lebih produkti.  Dalam kesempatan ini Ketua Yayasan dr. Zainal Abidin. MPH dalam openning speech mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh keynote speaker yaitu Assoc, Prof. Tukimin bin Sansuwito, Bsc Edu., Bsc Nsg., MPH., Msc Nsg., P.hD (Lecture at Lincoln University Collage Malaysia), Assoc. Prof. Kuaanan Techato (Prince of Songkla University. Thailand) dan Dr. Yessi Harnani, SKM. M.Kes (Lecture at University Hang Tuah Pekanbaru. Indonesia), sebagai moderator yaitu Beny Yulianto. SKM., MKL dan Co-Host STIKes Payung Negeri  yaitu Ns. Dendy Kharisna, M.Kep, bahwa transformasi digital saat sekarang merupakan ujung tombak dalam peradaban dunia saat ini.


Tentunya sangat membutuhkan kolaborasi antar perguruan tinggi Indonesia dan luar negeri dalam  sharing menghadapi transformasi digital di era 5.0. Kesempatan lain juga di sampaikan oleh Professor Syafrani M.Si sebagai Rektor Universitas Hang Tuah Pekanbaru. Perguruan tinggi merupakan wadah tempat melahirkan generasi milenial yang sudah terpapar oleh teknologi tentunya kita sebagai institusi pendidikan bisa mengarahkan generasi emas mendatang dengan Strategi dan Metode Pembelajaran Era Society 5.0 di Perguruan Tinggi. Society 5.0 adalah era di mana semua teknologi adalah bagian dari manusia itu sendiri. Dimana konsep teknologi big data yang dikumpulkan oleh Internet of things (IoT) kemudian diubah oleh Artifical Inteligence (AI) untuk menjadi sesuatu yang dapat membantu masyarakat, sehingga dapat membuat kehidupan menjadi lebih baik. Seminar international ini berlangsung dengan sukses diikuti oleh 495 peserta dimana bukan hanya dihadri  dari peserta indonesia tetapi juga dihadiri oleh peserta dari negara Kuwait, Qatar, Australia, Vietnam, Thailand dan Malaysia. Dr Reno Renaldi. SKM., M.Kes sebagai Ketua Program Studi Kesehatan Masyarakat dalam Closing Statement menyampaikan sebagai penutup mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh keynote speaker, pimpinan institusi dalam mensupport kegiatan ini dan kepada seluruh pantia dan peserta yang telah berkontribusi. Kami berusaha keras untuk mencapai kesempurnaan dalam semua aspek perencanaan acara seminar international tahun ini. Harapan kami kedepan akan terus menyelenggarakan pertemuan ilmiah seperti ini dengan conference atau call paper international dan berkerjasama dengan jurnal-jurnal international bereputasi.  Semoga ilmu yang dibagikan hari ini dapat menjadi katalis bagi kemajuan transformasi digital di industri kesehatan. Mari kita terus merangkul transformasi digital dan bekerja sama menuju masa depan yang lebih cerah untuk layanan kesehatan diera Society 5.0.