IMG-20231117-WA0077.jpg

Prodi Keperawatan Fakultas Kesehatan UHTP Mengadakan in House Training Untuk Dosen dan Tenaga Kependidikan

Diposting oleh : HUMAS UHTP - 17 November 2023 - 815 x dibaca

UHTP_Unggul - Untuk meningkatkan kualitas dosen dan tenaga kependidikan, Prodi S1 Keperawatan & profesi Ners UHTP melaksanakan In House Training untuk dosen dan tenaga kependidikan. In House Training yang dilaksanakan di Aula Prof. DR. Dr. Bukhari Lapau, MPH,  Kampus 2 UHTPini, diikuti oleh seluruh dosen dan tenaga kependidikan yang ada dilingkungan Prodi S1 Keperawatan & Profesi Ners UHTP.

Rektor UHTP Prof. DR. Syafrani, M.Si, dalam sambutannya yang sekaligus membuka kegiatan In House Training berharap dari In House Training ini dapat meningkatkan mutu pelayanan, sehingga Visi, misi dan tujuan UHTP Unggul 2036 dapat tercapai.

Ns. Siska Mayang Sari, M.Kep, Ketua Prodi S1 Ilmu Keperawatan, mengatakan bahwa kegiatan In House Training ini merupakan rangkaian dari kegiatan Pendanaan Hibah Program kompetisi kampus merdeka (PK-PM) Tahun 2023 yang diperoleh oleh Prodi Ilmu Keperawatan dari kementerian Kemendikbud Ristek Dikti.
" Kegiatan ini merupakan salah satu dari aktivitas yang ada dalam pendanaan hibah ini, yaitu aktivitas peningkatan kompetensi tenaga dosen dan tenaga kependidikan. Salah satu aktivitas yang kami ajukan adalah In House Training ", jelas Ns. Siska Mayang Sari, M.Kep.

Kemudian Ketua Prodi Keperawatan UHTP  mengemukan juga latar belakang pelaksanaan In House Training.
"Dosen sebagai salah satu sumber daya manusia di perguruan Tinggi yang memiliki peran  strategis dalam melaksanakan kegiatan akademis dituntut mampu menjalankan peran tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dosen harus mampu menjalankan kompetensi pembelajaran pedagogik atau pembelajaran dewasa, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Kompetensi tersebut akan bermuara untuk menghasilkan mahasiswa yang kompeten sesuai keilmuannya. Untuk mensupport peran ini, dosen diharapkan bersinergi dengan tenaga kependidikan, sehingga tenaga dosen dan tenaga kependidikan memiliki kemampuan public speaking dan service excellen, yang mana kemampuan tersebut merupakan kemampuan yang sangat dibutuhkan dalam layanan jasa. Diperguruan tinggi kepuasan pengguna jasa adalah kepuasan dari mahasiswa dan masyarakat sekitar" papar Ns. Siska Mayang Sari, M.Kep.

In House Training yang dilaksanakan selama dua hari Kamis-Jumat (16 & 17 November 2023), dibagi dibagi menjadi 2 sesi pelaksanaan Training. Hari pertama, Kamis (16/11/2023) Training khusus untuk pengembangan staff /Increasing Service Excellence. Disini Dosen dan Tenaga Kependidikan khusus mendapatkan materi sekaligus praktik tentang  Service Excellence,  Public Speaking, Master Ceremony (MC) dan Moderator. 

Hari kedua , hari Jumat, Training dikhususkan untuk para dosen; Training of Trainer (ToT). Dimana materi yang dikupas dan dipraktekan meliputi : Analisis Kebutuhan Training, Teknik Opening dan closing yang memukau, ice breaking for trainer, merancang evaluasi training dan praktik sebagai trainer.

Nara sumber yang memberikan materi pada In House Training ini merupakan Profesional Trainer bersertifikat BSNP dari KITA Centre, yakni Hilman Syarkawi, A.Md, CT,  Ns. Ari Pristiana Dewi, M.Kep, CT dan Lisa Sariani, S.Pd, CT.

Pelaksanaan In House Training tidak hanya mengupas tuntas teori dan praktik didalam upaya meningkatkan layanan prima, tapi diselingi juga dengan game-game yang bertujuan untuk meningkatkan Team Work, Leadership, Self confidence dan inteligen dari peserta In House Training.

Semoga dengan adanya In House Training ini, kemampuan service excellen dan public speaking dari tenaga dosen dan tenaga kependidikan lebih meningkat.



(auk)