20231229_164440.jpg

Penutupan KKN Tematik Tahun 2023 UHTP Diikuti 42 orang Mahasiswa Dari 4 Prodi

Diposting oleh : HUMAS UHTP - 29 Desember 2023 - 418 x dibaca

UHTPUnggul - KKN Tematik merupakan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), dengan pendanaan dari hibah program Kompetisi Kampus merdeka (PKKM) tahun 2023 Direktorat jendral Pendidikan tinggi, riset dan teknologi Kemendikbud Ristek.
Untuk tahun 2023, KKN Tematik UHTP diikuti 42 orang mahasiswa dari 4 Prodi, yakni Prodi S1 Kesehatan Masyarakat, S1 Keperawatan, S1 Kebidanan dan S1 Sistem Informasi.
KKN Tematik MBKM UHTP tahun 2023 ini mengusung tema “Aplikatif Bidang Kesehatan Dan Teknologi Informasi dalam Membangun Desa Kreatif dan Inovatif”. Tema ini sesuai dengan semangat UHTP menuju Unggul 2036.

Penutupan yang diadakan pada 15 Desember 2023 yang lalu di bertempat  Kantor camat Bandar Petalangan Kabupaten Pelalawan.
Hadir pada acara penutupan KKN Tematik ini, Rektor UHTP; Profesor DR. Syafrani, M.Si. Turut hadir mendampingi Rektor UHTP; Ns. Lita M.Kep, Wakil Rektor 1 yang juga  ketua PKKM 2023. Kemudian hadir juga Kepala LPPM Ikhtiyaruddin, MKM, Ketua Badan Etik dan Hukum Agus Alamsyah, M.Kes, Kepala BPMPP Dr. Yessi Harnani, M.Kes, dan Dekan Fakultas Ilmu Komputer; Dr. Rika Melyanti, M.Kom dan dosen pembimbing KKN tematik.
Sedangkan yang dari Unsur Pimpinan Kecamatan Bandar Petalangan hadir Camat;  Ramli, M.Pd, Sekcam Herdawati, SE,M.Si., Kepala Puskesmas, Kepala Desa Lubuk Terap dan Desa Angkasa serta tokoh agama dan masyarakat Bandar Petalangan.

Pihak Kecamatan Bandar Petalangan menyambut kegiatan ini dengan baik dan penuh kebahagiaan. Hal ini tercermin dari kata sambutan Camat Bandar Petalangan.
Dalam sambutannya, Camat Bandar Petalangan; Ramli, M.Pd, mengatakan bahwa, kecamatan Bandar Petalangan membutuhkan tenaga muda, kreatif dan inovatif  dalam membangun Kecamatan Bandar Petalangan menjadi kecamatan yang berimbang dengan kecamatan kecamatan lainnya. Banyak kegiatan yang sudah dilakukan seperti intervensi masalah sampah, pencegahan stunting, pencegahan Penyakit Tidak Menular dan Penyakit Menular.

Rektor UHTP; Prof. DR. Syafrani, M.Si, dalam sambutannya mengungkapkan dasar pemilihan Kecamatan Bandar Petalangan sebagai lokasi KKN Tematik.
" Pemilihan Kecamatan Bandar Petalangan bukan tanpa sebab, ada potensi unggulan baik SDM dan SDA. Keunggulan tersebut tentunya menjadi perhatian kita semua, terutamanya kami dari UHTP" ujar Rektor UHTP
" Sedang tujuan utama KKN adalah membantu Pemerintah dalam mempercepat proses akselerasi pembangunan, khususnya pemberdayaan masyarakat. Oleh sebab itu, kami berharap, OPD dapat membantu KKN ini dengan mensinergikan Program OPD yang relevan dengan Program Mahasiswa KKNT", sambung Rektor UHTP pada kata sambutannya.

Ns. Lita, M. Kep; Ketua PKKM yang juga Wakil Rektor 1 UHTP, menyampaikan bahwa, UHTP berusaha melaksanakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, termasuk dalam pengabdian masyarakat. UHTP melalui LPPM membuat Program kerja berupa Program Bina Desa yang disebut dengan KKN Tematik MBKM yang terekognisi kedalam mata kuliah 20 SKS.
Legalitas Produksi hasil UMKM, Toga dan Aplikasi Desa Menuju Sehat. semoga kerjasama ini tetep berlanjut setelah ditandatanganinya MoU antara UHTP dan Kecamatan Bandar Petalangan.


(auk)