FB_IMG_1670599211016.jpg

Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship, Mahasiswa Prodi Kesmas Mengunjungi Dunia Usaha

Diposting oleh : HUMAS UHTP - 07 Desember 2022 - 128 x dibaca

Sahabat_ UHTP.

Teori itu perlu, namun bagaimana prakteknya ? Ini merupakan tantangan bagi tenaga pendidik, khususnya dosen di kampus UHTP, tantangan bagaimana menumbuhkan jiwa wirausaha bagi mahasiswa yang dididiknya. Dikalangan mahasiswa, minat untuk berkecimpung dibidang wirausaha boleh dikata masih sangat minim. Sebagian besar mahasiswa masih berpikir bahwa kuliah hanya untuk menjadi karyawan atau pegawai. Mindset/pola pikir ini yang harus dibenahi. Disinilah peran perguruan tinggi, bagaimana menumbuhkan minat mahasiswa dalam berwirausaha.

Terkait kepada menumbuhkan minat berwirausaha dikalangan mahasiswa, dosen-dosen di Prodi Kesehatan Masyarakat UHTP, khususnya yang mengasuh matakuliah Bisnis dan Kewirausahaan , membawa 70 orang mahasiswa melakukan kunjungan lapangan untuk melihat secara langsung bagaimana jalannya sebuah usaha. Kunjungan lapangan ini dilaksanakan di usaha Emak CW, pada hari Rabu (07/12/2022). Usaha Emak CW merupakan sebuah usaha keripik 19 varian rasa yang ada di kota Pekanbaru.

Pada kunjungan ke dunia usaha tersebut, turut serta dosen pengasuh Makuliah Bisnis dan Kewirausahaan yakni: Arief Wahyudi, SE, M.Kes, Firman Edigan, S.Si, M.Pd dan Risa Amalia, S.I.Kom.  M.IKom. Dosen prodi kesmas UHTP yang mendampingi mahasiswa ini, juga merupakan praktisi bisnis yang handal dan tidak diragukan lagi kemampuan bisnisnya.

Bapak Leon Candra, SKM., M.Kes, selaku ketua Tim dosen pengasuh matakuliah Bisnis dan Kewirausahaan, menyebutkan bahwa kunjungan lapangan ini merupakan upaya Prodi Kesmas UHTP didalam menumbuhkembangkan minat berwirausaha dikalangan mahasiswa. "Kami berharap, setelah mahasiswa tamat nanti, mereka sudah punya bekal untuk berwirausaha", ungkap Bapak Leon Candra, SKM., M.Kes.

Hal senada juga diungkapkan pemilik usaha Emak CW, Indiana Sunita, SKM., M.Kes.
" Kami berharap, dengan adanya kunjungan ke tempat kami ini, dapat menumbuhkan semangat mahasiswa UHTP untuk berwirausaha", ujar pemilik Emak CW yang juga merupakan alumni UHTP.

(humas_uhtp)