20231224_204111.jpg

Mahasiswa UHTP LULUS Program PMM Kemendikbud Ristek Tahun 2023

Diposting oleh : HUMAS UHTP - 24 Desember 2023 - 1165 x dibaca

UHTPUnggul - Menjelang berakhirnya tahun 2023 ini, Universitas Hang Tuah Pekanbaru (UHTP) kembali turut berbangga atas prestasi yang dicapai mahasiswa UHTP. Lulus Program PMM Ke 4 Tahun 2023.
Sebagaimana yang kita ketahui, bahwa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) merupakan salah satu program unggulan yang diselenggarakan oleh Kemendikbud Ristek. Untuk Angkatan 4 tahun 2023 ini, PMM diikuti oleh mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Mahasiswa Universitas Hang Tuah Pekanbaru yang ikut program PMM 25 orang. Dari 25 orang ini akhirnya 8 orang mahasiswa resmi dinyatakan lulus Program PMM ke 4 tahun 2023.
Delapan  (8) orang mahasiswa UHTP yang lulus PMM ini berasal dari Fakultas Kesehatan (FKES) dan Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM).
Berikut nama-nama Mahasiswa yang lulus PMM Angkatan 4 UHTP
1. Prodi S1 Kebidanan : Yunda Palensia, Nuratasya, Naidiyah Baiduri,
2. Prodi S1 Keperawatan : Dini Aulia, Wulan Nura Friani,
3. Prodi S1 Kesehatan Masyarakat : Angelica Grace Gloria, Winda Marselita N
4. Prodi S1 Teknik Informatika : Firman PS.

Koordinator PMM di UHTP, RIKA ANDRIYANI, SKM., M Kes, menyebutkan bahwa untuk seleksi administrasi pada PMM ke 4 ini melibatkan perguruan tinggi. Setelah mendapatkan rekomendasi dari koordinator perguruan tinggi, mahasiswa mengikuti tahapan selanjutnya. Seleksinya juga melibatkan panitia program PMM.

Salah seorang mahasiswa yang lulus PMM Angkatan 4; Nadiyah Baiduri Ramadhani, mahasiswi Prodi S1 Kebidanan, ketika dikonfirmasi atas kelulusannya, mengungkapkan perasaan gembiranya, karena lulus Program PMM.
" Saya sangat senang karena bisa mendapat experience baru dan nambah semangat buat coba hal baru juga", ungkap Nadya .
Nadya juga mengungkapkan perihal Program PMM ke 4 ini.
" Ada 2 tahapan pada Program PMM, tahap pengumpulan data dan tahap tes/ujian.
Pada tahap seleksi, panitia Program mengadakan ujian Kebinekaan dan VCAT. Dimana ujian ini kita di beri beberapa pertanyaan tentang 3 dosa besar pendidikan dan seberapa cinta kita pada tanah air.
3 dosa besar pendidikan itu adalah Kekerasan seksual, perundungan/bullying dan intoleransi",papar Nadya.

Nadya juga menjelaskan lamanya program PMM ini. " Program PMM lamanya 1 semester dan tergantung kampus yang menerima. karena ada yang 6 bulan dan ada yang 5 bulan. Untuk saya sendiri, info dari Universitas Alma Alta, Program PMM dimulai dari tanggal 19 Februari 2024 sampai 9 Juli 2024", tutur Nadya lebih lanjut.

Selama mengikuti Program PMM, mahasiswa menjalankan perkuliahan sesuai dengan peraturan akademisi di kampus dimana mahasiswa diterima dan menjalani beberapa program dari kampus merdeka seperti modul nusantara (belajar dan menjelajahi budaya di tempat kita diterima)

Mengakhiri perbincangan dengan salah satu mahasiswa UHTP yang lulus Program PMM ke 4 Tahun 2023; Nadiyah Baiduri mengungkapkan harapannya.
" Harapan saya bisa menjalankan program ini sebaik dan semaksimal mungkin sesuai dengan ketentuan dan saya berharap dengan lulusnya saya di tahun ini bisa membantu teman-teman yang lainnya yang ingin mengikuti kegiatan ini di tahun berikutnya", tutur Nadiyah dengan penuh optimis.

Terkait lulusnya 8 orang mahasiswa UHTP pada Program PMM ke 4, Dekan FILKOM; DR. RIKA MELYANTI MUCHTAR, S.Kom., M.Kom menyebutkan bahwa pertukaran mahasiswa merdeka ini merupakan salah satu fasilitas yang bergengsi bagi mahasiswa, bisa merasakan kuliah di perguruan tinggi lain, salah satu manfaat yang bisa dicapai dari kegiatan ini adalah mempersiapkan diri menjadi pemimpin dimasa depan, kenapa demikian? Karena melalui kegiatan PMM ini mahasiswa bisa mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan softskill yang mampu bergaul dengan beragam latar belakang utk meningkatkan nilai persatuan dan nasionalisme.


Dekan FILKOM UHTP mengungkapkan rasa bangganya atas prestasi mahasiswa UHTP khususnya mahasiswa Prodi TI FILKOM.
" Kami sangat bangga sekali dengan adanya animo mahasiswa FILKOM untuk mengikuti kegiatan PMM ini disamping untuk dapat meningkatkan capaian IKU 2", tutur DR. Rika sembari tersenyum sumringah.



(auk)