IMG-20231208-WA0023.jpg

Mahasiswa Tiga Prodi Universitas Hang Tuah Pekanbaru Ikuti Simulasi Bencana

Diposting oleh : HUMAS UHTP - 08 Desember 2023 - 866 x dibaca

UHTPUnggul - Mahasiswa dari tiga prodi di lingkungan Universitas Hang Tuah Pekanbaru (UHTP) mengikuti simulasi bencana. Kegiatan simulasi ini merupakan bagian dari mata kuliah IPE (
Interprofessional Education) Manajemen Bencana.
Sebelum simulasi dilaksanakan, terlebih dahulu 280 orang mahasiswa diberikan materi kuliah di aula Prof. DR. dr. Bukhari Lapau, MPH, Kamis (7/12/2023).

Simulasi yang dilaksanakan diplataran parkir kampus dua UHTP, diikuti mahasiswa Kesehatan Masyarakat (Kesmas), Prodi Keperawatan dan Prodi Kebidanan.
Pelaksanaan simulasi juga turut dihadiri koordinator mata Kuliah IPE Manajemen Bencana UHTP Sherly Vermita Warlenda, SKM., MKes. Turut hadir juga dosen pengampu matakuliah dari tiga prodi; Sri Wardani, SE., MKes, Ns Imron Rosyadi MKep, Rina Yulviana, SKM., MKes, Herlina Susmaneli, SKM., MKes dan Ns. T Abdur Rasyid, MKep.

Nara sumber yang memberikan materi dan simulasi langsung dipandu oleh perwakilan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Pekanbaru; Bapak Rafli Barus dan Tim yang mendampingi yang ditunjuk oleh Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Pekanbaru.

Disela pelaksanaan simulasi, koordinator mata kuliah IPE Manajemen Bencana Sherly Vermita Warlenda, SKM., MKes mengatakan, tujuan diselenggarakan simulasi ini, agar mahasiswa bisa mengaplikasikan dan menerapkan bagaimana mengatasi penanganan bencana kebakaran secara tradisional maupun menggunakan APAR. 

" Dengan simulasi ini diharapkan mahasiswa mampu mengimplementasikan penggunaaan APAR dan mengatasi bencana kebakaran dengan cara tradisional maupun moderen,” ujar Sherly.

Kemudian; " pada simulasi ini, mahasiswa bukan hanya diajarkan tata cara menggunakan APAR, tapi juga langsung prakteknya. Setelah mampu menggunakan APAR, mahasiswa juga diajarkan dan praktek tata cara memadamkan sumber api", ujar Sherly Vermita, SKM., M.Kes; Koordinator mata kuliah IPE Manajemen Bencana Prodi S1 Kesehatan Masyarakat UHTP.


(auk)