IMG-20221122-WA0048.jpg

Mahasiswa Profesi Ners UHTP, Lulus 100% Pada Uji Kompetensi Nasional

Diposting oleh : HUMAS UHTP - 23 November 2022 - 45 x dibaca


Untuk tahun Akademik 2021/2022,  sebanyak 50 orang mahasiswa profesi Ners Universitas Hang Tuah Pekanbaru, mengikuti Uji Kompetensi. Uji Kompetensi yang dilaksanakan secara Nasional ini, diadakan pada 28-29 Oktober 2022 yang lalu, dengan menggunakan Computer Based Test (CBT).

Berikut kutipan Penjelasan dari Ketua Prodi Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners UHTP, Ns. Siska Mayang Sari, S.Kep., M.Kep, atas Keberhasilan mahasiswa Profesi Ners Universitas Hang Tuah Pekanbaru yang Lulus 100% :

" Ujian kompetensi nasional saat ini masih diwajibkan oleh seluruh mahasiswa profesi kesehatan antara lain, dokter, perawat Diploma tiga, profesi Ners, bidan diploma tiga, apoteker, rekam medis, dokter gigi, dan lainnya. 
Ujian kompetensi sebagai salah satu syarat kelulusan dari pendidikan di perguruan tinggi (exit-exam). Setelah lulus ujian kompetensi mahasiswa profesi ners selanjutnya akan dinyatakan lulus (yudisium), dan berhak mendapatkan gelar Ners (Ns). 

Sebagai bukti lulus uji kompetensi nasional, masing2 akan diberikan sertifikat kompetensi yang diterbitkan oleh Pusat. 
Selanjutnya lulusan profesi ners akan di lakukan prosesi angkat sumpah perawat oleh DPW Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) yang merupakan Organisasi Profesi Perawat. 
Dokumen sertifikat kompetensi dan angkat sumpah perawat selanjutnya di proses untuk memperoleh Surat Tanda Registrasi (STR) yang dilakukan secara online. 
Dokumen sertifikat kompetensi dan angkat sumpah perawat selanjutnya di proses untuk memperoleh Surat Tanda Registrasi (STR) yang dilakukan secara online. 
Setelah STR terbit, maka masing2 lulusan sudah bisa mendaftar bekerja menjadi perawat di tatanan pelayanan kesehatan baik itu di Rumah Sakit, Puskesmas dan lain sebagainya. 
Pendidikan profesi ners adalah jenjang pendidikan profesi (KKNI level 7). Lama studi profesi ners selama 2 semester dengan 36 SKS Pendidikan ini ditempuh setelah menyelesaikan jenjang sarjana keperawatan. 
Selama menempuh pendidikan profesi ners, mahasiswa langsung turun ke lahan praktik guna mengaplikasikan teori yg telah didapatkan selama jenjang S1 (sarjana keperawatan). 
Selain mengasah hard skill keperawatan , softskill yang matang dan prima juga menjadi hal sangat penting yang harus dicapai lulusan profesi ners selama pendidikan nya". 

Ada pesan-pesan yang perlu direnungkan oleh mahasiswa profesi Ners UHTP, yang disampaikan Ketua Prodi Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners UHTP : "Pengalaman belajar mahasiswa selama menempuh pendidikan NERS dilahan praktik tentu dihadapkan dengan dinamika proses pembelajaran. Sebagai mahasiswa profesi ners harus yakin bisa menjalani semua proses pendidikan ini dengan baik dan semangat, karena mahasiswa profesi ners merupakan calon penerus perawat Indonesia dimasa akan datang. Gali ilmu sebanyak banyak nya selama dinas di lahan praktik, gunakan kemampuan analytic critical thinking, leadership, collaboration, communication, empatic, tingkatkan health literasi, innovative, creative, initiative, etis, dan tentunya terapkan ilmu "caring" sebagai body of knowledge dari ilmu keperawatan. "

Terakhir, Ns. Siska Mayang Sari  S.Kep. M.Kep, menyampaikan selamatnya kepada mahasiswa profesi Ners yang lulus 100% Uji Kompetensi :
"Selamat kompeten, dan semangat mengabdi utk Nusa dan bangsa kepada lulusan ners 2021/2022.
Untuk mahasiswa ners 2022/2023 tetap semangat menjalani proses pendidikan  semoga lancar study nya", ujar Ketua Prodi yang ramah dan murah senyum ini.

(Humas_UHTP)