33.jpg

Mahasiswa Dilingkungan Fakultas Kesehatan UHTP Mengikuti Kuliah bersama dan Simulasi Manajemen Bencana Kebakaran

Diposting oleh : HUMAS UHTP - 05 Januari 2023 - 57 x dibaca

Mengawali kegiatan akademik di tahun 2023 ini, Fakultas Kesehatan UHTP melaksanakan Kuliah bersama dan Simulasi Manajamen Bencana Kebakaran untuk mahasiswa tiga (3) prodi yang ada di lingkungan Fakultas Kesehatan UHTP. 

Kegiatan yang diikuti oleh 236 orang mahasiswa semester 5, dari Program Studi (Prodi) S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat, S1 Keperawatan, dan S1 Kebidanan Universitas Hang Tuah Pekanbaru (UHTP) dilaksanakan pada hari kamis, 05 Januari 2023, bertempat di aula kampus 2 UHTP.

 

Koordinator kegiatan Ibu Sri Wardani, SE, M.Kes mengungkapkan bahwa Kuliah Bersama dan Simulasi Manajamen Bencana Kebakaran terlaksana atas kerjasama antara UHTP dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Pekanbaru.

Simulasi manajemen kebakaran dilakukan sebagai bagian dalam mata kuliah manajemen bencana dalam bentuk inter-profesional education (IPE) belajar bersama antara ketiga prodi tersebut diatas “, ungkap Sri Wardani, SE, M.Kes disela pembukaan acara.

 

Kemudian Ibu Sri Wardani, SE, M.Kes juga mengungkapkan tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa dalam manajemen kebakaran, memberikan pengalaman belajar mahasiswa dalam melakukan manajemen bencana kebakaran melalui simulasi menggunakan APAR dan cara tradisional. “dan yang terpenting adalah bagaimana mahasiswa UHTP dapat mengimplementasikan Inter-profesional education antara mahasiswa di ketiga prodi dilingkungan Fakultas Kesehatan UHTP “, ujar koordinator kegiatan yang juga merupakan dosen tetap di Fakultas Kesehatan UHTP

 


Dekan Fakultas Kesehatan, Ns. Abdurrahman H, M.Kep, pada pembukaan kegiatan berharap kegiatan serupa dapat ditingkatkan baik kuantitas maupun kualitasnya, agar mahasiswa memiliki kompetensi inter profesional education yang berguna bagi diri mereka, keluarga dan masyarakat khususnya dalam manajemen bencana kebakaran. Kemudian Dekan Fakultas Kesehatan UHTP juga berharap agar kerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Pekanbaru dapat  ditingkatkan dalam bentuk penandatangan MOU antara UHTP dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Pekanbaru. 


Selanjutnya Nara sumber dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Pekanbaru, Ibastanta, M.Pd, sangat menyambut baik kegiatan simulasi ini, karena ini juga merupakan bentuk sosialisasi  kepada masyarakat terutama kepada mahasiswa UHTP.

Kita berharap mahasiswa mampu mengimplementasikan kemampuan tersebut yang beguna bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat”, ungkap Ibastanta, M.Pd mengawali penyampaian materi Simulasi IPE Manajemen Bencana Kebakaran Gedung.