IMG-20231205-WA0045.jpg

Dosen UHTP Raih Empat Penghargaan Sebagai Juri Pada Indonesian Public Health Olympiad Tahun 2023

Diposting oleh : HUMAS UHTP - 06 Desember 2023 - 798 x dibaca

UHTPUnggul - Bersempena dengan kegiatan The 2nd Indonesian Public Health Olympiad (2nd IPHO) Tahun 2023, Dosen UHTP berhasil meraih 4 Penghargaan sebagai Tim Penilai/Juri pada even yang diadakan oleh AIPKMI Pusat.

Ada 11 (sebelas) cabang perlombaan yang diadakan pada Public Health Olympiade tahun 2023 ini. 11 cabang perlombaan tersebut adalah : Lomba Poster Nasional, Lomba Tik Tok Edukasi Kesehatan, Lomba Stand up comedy Nasional, Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional, Lomba Debat Kesehatan Nasional, Lomba Video Edukasi Kesehatan Nasional, Lomba Cerdas, Cermat, Cepat, Lomba Analisis Kebijakan Kesehatan, Lomba Perencanaan Program Kesehatan, Lomba Perancangan Sistem Informasi Kesehatan Masyarakat dan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Nasional.

Dari sebelas (11) lomba yang diadakan oleh AIPTKMI, dimana Dosen yang diutus UHTP sebagai Tim Penilai/Juri, berhasil mendapatkan anugrah penghargaan sebagai Tim Penilai/Juri untuk 4 lomba yang diadakan.

Olimpiade yang ditaja AIPKMI ini dilaksanakan dari bulan Juni hingga November 2023 di Jakarta, mengusung tema Shape Our Mind Boist Our Curiosty to Strive Digital Public Health Competencies. Dimana Olimpiade pada babak penyisihan, 10 Besar, dan 5 Besar dilakukan secara Online, sementara babak final dilakukan secara Offline di Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Adalah Ahmad Satria Effendi, SKM. M.Kes dosen Prodi S1 Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan berhasil mendapatkan penghargaan Tim Penilai/Juri pada : Juri Penulisan Ilmiah Nasional (PIN) pada Bidang Poster Ilmiah, Juri pada cabang lomba Lomba Perancanfan Poster Ilmiah, Juri pada cabang lomba Stand Up Comedy dan Juri PILMAPRES pada Capaian Unggulan.

Didalam penjelasannya,Ahmad Satria Efendi, SKM., M.Kes menyebutkan bahwa Olimpiade ini ditujukan agar seluruh mahasiswa kesehatan masyarakat di Indonesia berlomba-lomba memenangkan medali sebanyak banyaknya dan penghargaan sebagai Juara Umum.
" Mengingat pentingnya Olimpiade untuk Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia ini, diharapkan dapat memunculkan gagasan yang inovatif dan aplikatif terhadap kondisi dan permasalahan kesehatan masyarakat di Indonesia dalam membangun karakter bangsa, serta mewujudkan suasana komunikatif dari sisi akademik melalui penggalian ide, peningkatan kreativitas, kemampuan berkomunikasi secara kritis dan aspiratif. Sehingga mampu menuangkan gagasan kritis dalam karya sastra dan/atau karya ilmiah sebagai bentuk kepedulian terhadap permasalahan bangsa agar dapat menjadi inspirasi dan motivasi ", ujar Ahmad Satria Efendi  SKM , M.Kes diruangan Prodi Kesehatan.

Selanjutnya Ahmad Satria Efendi, SKM.  M.Kes menuturkan apresiasi dan pengharapannya.
" Saya Sangat mengapresiasi kegiatan tersebut karena banyak hal didapatkan mahasiswa kesmas dalam mengikuti berbagai cabang lomba di olimpiade kesmas. Semoga kedepan mahasiswa kesmas UHTP bisa berkontribusi dan mendapatkan banyak medali dalam olimpiade kesmas selanjutnya", jelas Ahmad Satria Efendi

" Saya mengucapkan terimakasih kepada AIPTKMI Pusat yang telah mempercayai saya menjadi salah satu juri dalam 4 cabang lomba dari 11 lomba yang ada. Terimakasih juga yang tak terhingga  dihaturkan kepada Universitas Hang Tuah Pekanbaru yang selalu mensupport dan memberikan izin menjadi juri dalam kegiatan olimpiade tersebut", sambung Wakil Dekan Fakultas Kesehatan UHTP ini dengan senyum sumringahnya.

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik; Ns. Lita, M.Kep, disela-sela kesibukkannya diruang Wakil Rektor 1, mengutarakan selamatnya atas penghargaan tersebut.
" Saya mengucapkan selamat atas kepercayaan yang diberikan kepada dosen kita. Keberadaan dosen UHTP pada event nasional sangat penting untuk mengenalkan UHTP kepada publik. Selain itu juga ini akan menjadi penunjang IKU perguruan tinggi sebagai dosen yang berkegiatan diluar kampus", ujar Wakil Rektor 1 Ns. Lita, M.Kep









(auk)