IMG-20231110-WA0038.jpg

Dekan FILKOM dan Kepala BPMPP UHTP Studi Banding dan Penandatanganan MOU Dengan Dua Kampus Swasta Terbaik di Indonesia

Diposting oleh : HUMAS UHTP - 10 November 2023 - 1545 x dibaca

UHTP Unggul - Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) Universitas Hang Tuah Pekanbaru bersama dengan Badan Penjaminan Mutu dan Pengembangan Perencanaan (BPMPP) melaksanakan Studi Banding di 2(dua) Perguruan Tinggi terkemuka dan terbaik di Indonesia yakni Universitas Mercu Buana (UMB) dan Universitas Tri Sakti.
Kunjungan Studi Banding pada 2 (dua) perguruan tinggi yang berada di Jakarta tersebut sekaligus penandatanganan MOU untuk peningkatan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi, MBKM, dan Penjaminan Mutu Internal Perguruan Tinggi Universitas Hang Tuah Pekanbaru.



Kegiatan Penandatanganan MOU dan Studi Banding ini dihadiri oleh kepala BPMPP Dr. Yessi Harnani, M.Kes, Dr. Rika Melyanti, M.Kom selaku Dekan Fakultas Ilmu Komputer, Raviola, M.Kes Sekretaris BPMPP, Anita Febriani, M.TI Wakil Dekan 1, Herianto, M.Kom ketua Prodi Sistem Informasi, dan Yuda Irawan, M.TI, dosen Teknik Informatika.

Studi banding dan penandatanganan MOU, dilaksanakan pada tanggal 9 s/d 10 November 2023 yang bertempat di Ruang Rapat Besar Gedung Rektorat Lantai 1 Universitas Mercu Buana. Adapun dari Universitas Mercu Buana turut hadir unsur pimpinan Universitas Buana, diantaranya Wakil Rektor Pembelajaran dan Ristek, Wakil Rektor Sumber Daya, Wakil Rektor kemahasiswaan dan kerjasama serta para kepala Biro dan Lembaga dilingkungan Universitas Mercu Buana.


Pada kesempatan ini, kepala BPMPP UHTP, DR. Yessi Harnani, M.Kes mengemukakan bahwa studi banding ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui praktek baik implementasi SPMI pada tingkat universitas, fakultas dan program studi, pelaksanaan SPMI  dalam menjalankan siklus PPEPP sudah berbasis IT dan perencanaan pengembangan institusi dalam mencapai Perguruan tinggi unggul dimasa depan. Universitas Mercu Buana dan Universitas Trisakti benar benar dapat menjadi contoh baik dalam melaksanakan mutu perguruan tinggi hal ini dari hasil peringkat akreditasi Unggul yang diperoleh kedua kampus tersebut. Hal yang paling menakjubkan adalah pelaksanaan SPMI yang sudah berbasis IT sehingga seluruh kegiatan PPEPP sudah terintegrasi mulai dari tingkat prodi, fakultas dan seluruh unit dilingkungan kampus dan memudahkan pimpinan dalam melakukan pemantauan program kerja seluruh jajaran untuk mencapai indikator kinerja utama perguruan tinggi.


Senada dengan apa yang disampaikan Kepala BPMPP UHTP, Dekan FILKOM UHTP, DR. Rika Melyanti, M.Kom, menyebutkan bahwa studi banding ini untuk lebih mengetahui bagaimana tata kelola di program studi

"Kunjungan ini dilakukan untuk mendapatkan informasi praktik baik pelaksanaan proses pembelajaran, dan pengelolaan laboratorium serta strategi-strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan prestasi akademik mahasiswa ditingkat nasional dan internasional", ujar Dekan FILKOM UHTP.

"Studi Banding ini juga untuk menjalin kerjasama untuk implementasi pertukaran pelajar antar Universitas. Dasar kita melakukan studi banding ke UMB, karena Fakultas Ilmu Komputer UMB prodi Teknik Informatika berhasil mendapatkan predikat unggul dari LAM INFOKOM, Universitas Mercu Buana mendapat peringkat ke 5 kampus swasta terbaik ditingkat nasional. Untuk hal ini pihak UMB sangat menyambut baik rencana tersebut dan bahkan siap untuk berkolaborasi dalam penelitian dan PKM", tutur DR Melyanti, M.Kom

(auk)