20231127_190831.jpg

BPMPP Universitas Hang Tuah Pekanbaru, Melaksanakan Audit Mutu Internal dilingkungan Kampus UHTP

Diposting oleh : HUMAS UHTP - 27 November 2023 - 248 x dibaca

UHTPUnggul - Penjaminan mutu Pendidikan Tinggi merupakan kegiatan sistemik untuk meningkatkan mutu Pendidikan Tinggi secara berencana dan berkelanjutan. Penjamin mutu pada Pendidikan tinggi dilakukan melalui penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan peningkatan Standar Pendidikan Tinggi (SPT). Audit Mutu Internal di lingkungan Universitas Hang Tuah Pekanbaru sudah dilakukan secara berkala sejak tahun 2018.

BPMPP (Badan Penjaminan Mutu dan Pengembangan Perencanaan) UHTP mulai hari ini Senin (27/11/2023) hingga Jumat (01/12/2023) melaksanakan Audit Mutu Internal (AMI). Pelaksanaan AMI, dilaksanakan untuk prodi dan Badan/bagian yang ada di lingkungan Universitas Hang Tuah Pekanbaru.

Tujuan Audit Mutu Internal (AMI) dilakukan untuk kepentingan peningkatan mutu Prodi/Unit Kerja yang diaudit. Audit bukan merupakan asesmen / penilaian melainkan pencocokan antara pelaksanaan dengan standar yang sudah di tetapkan.
Adapun tujuan khusus dilaksanakannya AMI adalah:
1.Memastikan apakah temuan / rencana tindakan koreksi pada siklus audit tahun sebelumnya telah ditindaklanjuti;
2.Memastikan kesesuaian arah dan pelaksanaan penjaminan mutu Prodi/Unit terhadap dokumen akademik Universitas, dokumen akademik program Studi dan dokumen mutu Prodi dan unit;
3.Memetakan Kesiapan prodi/unit dalam menjalankan program akreditasi/sertifikasi;
4.Memastikan kelancaran pelaksanaan pengelolaan Prodi/Unit;
5.Memastikan peluang peningkatan mutu Prodi/Unit.

Pelaksanaan AMI yang diawali Senin (27/11/2023), dilaksanakan di Unit Perlengkapan, Unit Perpustakaan dengam Auditor DR. Muhardi, S.Kom., M.Kom, Dami Yanti, SKM., M.Kes dan Wen Via Trisna, SKM., M.Kes. sedangkan untuk pelaksanaan AMI di Unit Kantor Urusan Internasional dan Kemitraan (KUIK) dengan auditor Ns. Lita, M.Kep dan Refni Wahyuni, S.Kom., M.Ti.

Terkait pelaksanaan AMI ini, Wakil Rektor 1 Ns. Lita, M.Kep, mengungkapkan bahwa hasil audit ini nanti, akan dibawa ke Rapat Tinjauan Manajemen, untuk diketahui oleh pimpinan dan dirumuskan rencana perbaikan atas temuan yang didapatkan. baik temuan yang bersifat Observasi, KTS Mayor maupun KTS Minor.
" Semoga pelaksanaan AMI dilingkungan UHTP dapat berjalan lancar", ujar Ns. Lita, M.Kep.

(auk)