DSC06157.JPG

BPMPP Universitas Hang Tuah Pekanbaru Gelar Bimbingan Teknis Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL)

Diposting oleh : Asep Marzuki - 10 Juli 2023 - 640 x dibaca

Pekanbaru, 10 Juli 2023 - Badan Penjamin Mutu dan Pendidikan (BPMPP) kembali mengadakan kegiatan bimbingan teknis yang bertajuk Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) dalam Menerapkan MBKM di Universitas Hang Tuah Pekanbaru. Kegiatan ini dibuka oleh Rektor Universitas, Prof. Dr. Syafrani, M.Si, dan dihadiri oleh para narasumber terkemuka, Dr. Yessi Harnani, M.Kes dan Dr. Reno Renaldi, M.Kes.


Bertempat di Aula Utama Kampus Universitas Hang Tuah Pekanbaru, kegiatan ini diikuti oleh peserta dari seluruh program studi yang ada di universitas tersebut. Tujuan utama dari bimbingan teknis ini adalah untuk memberikan pemahaman yang komprehensif kepada setiap program studi dalam mengimplementasikan program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) sejalan dengan penerapan Model Pembelajaran Berbasis Kampus Merdeka (MBKM).

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Syafrani, M.Si, menyampaikan pentingnya RPL dalam mendukung terciptanya sistem pendidikan yang lebih inklusif dan berkelanjutan. Beliau juga berharap agar kegiatan ini dapat memberikan wawasan baru kepada para peserta tentang metode dan proses RPL yang efektif dalam memperoleh pengakuan terhadap pembelajaran yang telah dilakukan di masa lalu.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan presentasi dari narasumber utama, Dr. Yessi Harnani, M.Kes, yang membagikan pengetahuannya mengenai konsep dan implementasi RPL yang baik. Ia menjelaskan mengenai pentingnya pengakuan terhadap pengalaman belajar di luar ruang kelas dan bagaimana mengaplikasikan RPL dalam program studi masing-masing.


Selain itu, Dr. Reno Renaldi, M.Kes, turut memberikan presentasi mengenai Model Pembelajaran Berbasis Kampus Merdeka (MBKM) dan bagaimana RPL dapat menjadi salah satu elemen yang mendukung implementasi MBKM secara efektif. Ia menekankan pentingnya kolaborasi antara program studi dan stakeholder terkait dalam menerapkan MBKM yang terintegrasi.

Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini dan berkesempatan untuk berdiskusi langsung dengan kedua narasumber. Mereka dapat berbagi pengalaman, mengajukan pertanyaan, dan mendapatkan wawasan baru tentang RPL dan penerapan MBKM.


Kegiatan bimbingan teknis Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) dalam Menerapkan MBKM ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi seluruh program studi di Universitas Hang Tuah Pekanbaru dalam mempersiapkan diri menghadapi era pendidikan yang lebih adaptif dan responsif terhadap kebutuhan mahasiswa.