kknt.JPG

42 Mahasiswa UHTP diserah terimakan ke camat bandar petalangan untuk mengikuti KKN Tematik

Diposting oleh : Asep Marzuki - 03 Oktober 2023 - 499 x dibaca

Serah terima Mahasiswa Universitas Hang Tuah Pekanbaru Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Di Desa Lubuk Terap dan Desa Angkasa Kecamatan Bandar Petalangan selama lebih kurang 3 bulan dengan jumlah 42 Mahasiswa dari 4 Program Studi, (S1 Kesehatan Masyarakat, S1 Keperawatan, S1 Kebidanan dan S1 Sistem Informasi). Kegiatan ini merupakan program merdeka belajar kampus merdeka dengan pendanaan dari hibah program Kompetisi Kampus merdeka (PKKM) tahun 2023 Direktorat jendral Pendidikan tinggi, riset dan teknologi Kemendikbud Ristek.  Setiap mahasiswa yang mengikuti kegiatan KKNT ini menerima biaya hidup sebesar Satu Juta Dua Ratus Ribu Rupiah  Selama Empat Bulan dan Biaya transportasi sebesar Dua Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah. Kegiatan ini di hadiri oleh rektor Universitas hang tuah pekanbaru prof. Dr.Syafrani, M.Si, Wakil Rektor I sekaligus ketua PKKM 2023 Ns. Lita M.Kep, Kepala LPPM Ikhtiyaruddin, MKM, Ketua Badan Etik dan Hukum Agus Alamsyah, M.Kes, Kepala KUIK Beni Yulianto SKM.M.K.L, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Ns.Abdurahman Hamid, M.Kep, Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi dan Hukum Ilhamdi, SH, MH dan dosen pembimbing KKN tematik, Camat Bandar petalangan Ramli, M.Pd, Sekcam Herdawati,SE,M.Si., Perwakilan dinas Kesehatan, Kepala Puskesmas, Kepala Desa Lubuk Terap dan Desa Angkasa serta tokoh agama dan masyarakat. dalam sambutannya Rektor UHTP menyampaikan bahwa pemilihan kecamatan bandar petalangan bukan tanpa sebab, ada potensi unggulan baik SDM dan SDA, Keunggulan tersebut tentunya menjadi perhatian kita semua, utamanya kami dari UHTP, Sedang tujuan utama KKN adalah membantu Pemerintah dalam mempercepat proses akselerasi pembangunan, khususnya pemberdayaan masyarakat. Oleh sebab itu, kami berharap, OPD dapat membantu KKN ini dengan mensinergikan Program OPD yang relevan dengan Program Mahasiswa KKNT.

Ketua PKKM sekaligus WR I menyampaikan, UHTP berusaha melaksanakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, termasuk dalam pengabdian masyarakat. UHTP melalui LPPM membuat Program kerja berupa Program Bina Desa yang disebut dengan KKN T MBKM yang terekognisi kedalam mata kuliah 20 SKS. Adapun tema KKN T MBKM tahun 2023 adalah “Aplikatif Bidang Kesehtan Dan Teknologi Informasi dalam Membangun Desa Kreatif dan Inovatif” sesuai semangat UHTP menuju Unggul.

Pihak kecamatan menyambut kegiatan ini dengan baik dan penuh kebahagiaan, tercermin dari kata sambutan dari camat bandar petalangan dan penyematan almamater kepada mahasiswa oleh camat dan Sekcam dalam sambutannya camat mengatakan kecamatan membutuhkan tenaga muda, kreatif dan inovatif  dalam membangun kecamatan bandar petalangan menjadi kecamatan yang berimbang dengan kecamatan kecamatan lainnya, semoga kerjasama ini berlanjut setelah ditandatanganinya MoU antara UHTP dan Kecamatan bandar petalangan.