IMG-20230117-WA0032.jpg

125 Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Universitas Hang Tuah Pekanbaru Kembali Melaksanakan Pengalaman Belajar Lapangan

Diposting oleh : HUMAS UHTP - 16 Januari 2023 - 63 x dibaca

Sebanyak 125 Mahasiswa Semester V Jalur A Reguler dan Non Reguler Program Studi (Prodi) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Fakultas Kesehatan Universitas Hang Tuah Pekanbaru mengikuti Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) dengan tiga tahapan yaitu PBL I pada Tanggal 16 s.d 28 Januari 2023, PBL II pada tanggal 13 s.d 25 Maret 2023 dan PBL III pada Bulan September 2023. Mahasiswa tersebut ditempatkan di 18 RW di Kelurahan Tanjung Rhu, Pesisir, Sekip dan Rintis Kecamatan Lima Puluh Kota Pekanbaru.


PBL ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam memecahkan berbagai masalah kesehatan masyarakat pada kondisi nyata di masyarakat, dan sekaligus sebagai program pengabdian untuk pemberdayaan masyarakat. Pembukaan PBL I, II, dan III dilaksanakan pada hari Senin tanggal 16 Januari 2023 dihadiri oleh Rektor Universitas Hang Tuah Pekanbaru yang diwakili oleh Kepala Komisi Etik Universitas Hang Tuah Pekanbaru H. Ahmad Hanafi, SKM, M.Kes, Ketua Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Universitas Hang Tuah Pekanbaru Dr. Reno Renaldi, SKM, M.Kes, Dosen Pembimbing Akademik serta dari Pihak kecamatan dihadiri oleh Camat Kecamatan Lima Puluh Kota Pekanbaru Bapak Indra Maulana, M.S, STP, M.Si, Sekretaris Camat Afrizal Zakir, ST, MT, Kepala Puskesmas Lima Puluh Kota Pekanbaru Drg. Merry Delfitri, Lurah Kelurahan Tanjung Rhu, Pesisir, Sekip, dan Rintis serta 18 orang mahasiswa perwakilan dari 18 Kelompok PBL.


Rangkaian kegiatan pembukaan PBL I, II, III di Aula Kecamatan Lima Puluh Kota Pekanbaru berlangsung dengan baik. Dalam sambutannya Ketua Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Universitas Hang Tuah Pekanbaru Dr. Reno Renaldi, SKM, M.Kes menyampaikan terimakasih kepada Pihak Kecamatan Lima Puluh Kota Pekanbaru dan Puskesmas Lima Puluh atas dukungan dan bantuannya yang telah memfasilitasi sehingga kegiatan PBL dapat dimulai dengan baik. Ketua Prodi juga berpesan kepada mahasiswa agar mengikuti tata tertib yang telah ditetapkan.

Kepala Komisi Etik Universitas Hang Tuah Pekanbaru H. Ahmad Hanafi, SKM, M.Kes menyampaikan agar mahasiswa mengikuti tiga tahapan PBL dengan baik, mengedepankan etika serta menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat. Camat Kecamatan Lima Puluh menyampaikan berbahagia dengan kehadiran mahasiswa dari Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas  Kesehatan Universitas Hang Tuah Pekanbaru yang diharapkan dapat membantu memberikan informasi-informasi kesehatan kepada masyarakat dan diharapkan dapat melakukan upaya-upaya untuk mencegah dan mengendalikan masalah kesehatan masyarakat khususnya stunting dimana angka kejadiannya cukup tinggi di Kecamatan Lima Puluh Kota Pekanbaru. Camat juga berpesan agar mahasiswa bisa beradaptasi dengan masyarakat Kecamatan Lima Puluh yang multi etnis. Prodi Kesehatan Masyarakat mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu sehingga kegiatan PBL I, II, dan III dapat dimulai, semoga PBL dapat berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan serta memberikan manfaat bagi semua.