Hari Ini, 9 Standar Penilaian Dokumen Akreditasi Perguruan Tinggi Diberlakukan

Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof. Dr. Herri, MBA mengatakan hari ini 1 Oktober 2018 berlaku 9 standar penilaian dokumen Akreditasi Perguruan Tinggi (APT).

Usai peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman LLDIKTI Wilayah X, Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof. Dr. Herri. MBA mengatakan bahwa hari ini untuk dokumen APT berlaku 9 standar penilaian, Senin (1/10/2018).

“Mulai hari ini 1 Oktober 2018, kalau perguruan tinggi yang institusinya mengusulkan untuk akreditasi perguruan tinggi sudah diberlakukan borang baru. Sebelumnya, masih menggunakan 7 standar penilaian, sekarang sudah memakai 9 standar penilaian,” kata Kepala Lembaga.

Herri menjelaskan tambahan standar penilaian APT adalah pada “outcome”. Selama ini masih dinilai prosesnya saja, sekarang BAN-PT juga melihat outcome-nya. Misalnya, penelitian tidak sebatas penilaian prosesnya saja akan tetapi juga dinilai apa dampak positif pada kehidupan masyarakat.

Untuk itu kata Herri, perguruan tinggi diharapkan terus menerus memperbaiki diri sehingga tidak hanya sekadar menghasilkan ilmu pengetahuan saja tetapi juga berdampak positif pada kehidupan masyarakat seperti aspek sosial, ekonomi, dan teknologi.

“Sementara itu khusus untuk program studi, penilaian mencakup 9 standar ini mulai diterapkan pada Januari 2019. Artinya, bagi perguruan tinggi yang akan mengusulkan akreditasi program studi sebelum Januari 2019, penilaian masih menggunakan standar yang lama,” jelas Herri.

Kepala Lembaga LLDIKTI Wilayah X mengimbau supaya perguruan tinggi yang saat ini belum terakreditasi (APT), segeralah kirimkan dokumen akreditasi ke BAN-PT. Jangan sampai, nanti perguruan tinggi kaget tidak dibolehkan melakukan wisuda karena perguruan tingginya belum terakreditasi. (HR)

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPrint this page

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


H. Moh. Sukri, SH

H. Moh. Sukri, SH

Ketua Yayasan Hang Tuah Pekanbaru

H. Ahmad Hanafi, SKM, M. Kes

H. Ahmad Hanafi, SKM, M. Kes

Ketua STIKES Hang Tuah Pekanbaru

Muhardi, S. Kom, M. Kom

Muhardi, S. Kom, M. Kom

Ketua STMIK Hang Tuah Pekanbaru