Tahun 2017, Kopertis Wilayah X Peroleh 950 Kuota Bidikmisi

Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah X, Drs. Hanafi, MS menyebutkan hingga saat ini, penerima beasiswa bidikmisi pada Perguruan Tinggi Swasta di lingkungan Kopertis Wilayah X tercatat sebanyak 4.429 mahasiswa terhitung sejak tahun 2012.

“Tahun ini, Kopertis Wilayah X mendapatkan 950 kuota bidikmisi dengan alokasi 99 Perguruan Tinggi Swasta, yaitu 45 di Sumatera Barat, 32 di Riau, 11 di Jambi, dan 11 di Kepulauan Riau,” ungkap Hanafi.

Hanafi mengatakan, 950 mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi tersebut tersebar pada jenjang pendidikan program diploma dan program sarjana. Pada program diploma tiga terdapat 154 penerima beasiswa bidikmisi, program D4 sebanyak 26 orang, dan 770 orang pada program sarjana.

“577 dari 950 orang penerima bidikmisi berasal dari luar kota domisili PTS. Umumnya, orang tua mereka berasal dari nelayan, petani, dan pedagang kecil,” ujarnya.

Hanafi menyebutkan, beasiswa bidikmisi tidak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi, akan tetapi juga bagi mahasiswa yang mampu secara akademik.

Sementara itu, Kasubdit Kesejahteraan dan Kewirausahaan Kemenristekdikti, Ismet Yusputra menyebutkan pelamar bidikmisi setiap tahunnya terus meningkat. Provinsi Sumatera Barat menempati peringkat empat sebagai pendaftar program beasiswa di Indonesia.

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPrint this page

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


H. Moh. Sukri, SH

H. Moh. Sukri, SH

Ketua Yayasan Hang Tuah Pekanbaru

H. Ahmad Hanafi, SKM, M. Kes

H. Ahmad Hanafi, SKM, M. Kes

Ketua STIKES Hang Tuah Pekanbaru

Muhardi, S. Kom, M. Kom

Muhardi, S. Kom, M. Kom

Ketua STMIK Hang Tuah Pekanbaru