Bagi-Bagi Masker

Jumat, 21 Juni 2013. Hima IKM melakukan aksi peduli kesehatan pembagian masker di lingkungan kampus untuk mengingatkan mahasiswa agar selalu peduli kesehatan saat kualias udara menurun.

Mahasiswa yang tergabung dalam organisasi Hima IKM membagikan masker gratis kepada mahasiswa dan staff  di lingkungan kampus STIKes Hangtuah Pekanbaru. Pembagian masker gratis ini merupakan bentuk peduli terhadap sesama agar dapat selalu menjaga kesehatan. Apalagi kualitas udara yang semakin menurun seperti sekarang ini. Nirmala, salah satu mahasiswa yang turut dalam membagikan masker ini mengungkapkan aksi ini mereka lakukan karena tergerak hati nuraninya melihat kabut asap yang semakin  tebal dan dapat mengancam kesehatan. “Ini sangat perlu, kami ingin semua mahasiswa menggunakan masker ketika  keluar rumah” ujarnya.

Ditengah terik matahari bercampur asap aksi yang  dimulai pukul 10.30 sampai 11.30 WIB ini mendapat sambutan yang positif dari mahasiswa dan masyarakat yang melintas di dapan kampus. Terlihat dengan banyaknya mahasiswa yang langsung memakainya ketika mendapatkkan masker tersebut, tidak hanya mahasiswa masyarakat yang melintas juga sempat memberhentikan kendaraanya agar untuk memperoleh masker tersebut.

Indah, seorang mahasiswa IKM semester 4 berujar bahwa kabut asap kadang membuatnya sesak nafas, jadi masker setidaknya dapat membantu untuk mengurangi sesak nafas tersebut. “Kabut asap udah semakin tebal aja sih, bahaya untuk kesehatan” ucapnya.

Pembagian masker ini berlangsung di Kampus 1 dan Kampus 2, titik utamanya adalah di gerbang keluar masuk masing-masing kampus, selain di gerbang masker gratis juga dibagikan dibeberapa kantor Prodi, diantaranya kantor prodi IKM di kampus  1 dan kantor Prodi Pasca Sarjana di Kampus 2. “Nah, inilah yang kami tunggu-tunggu” ucap mereka setiap kali menerima masker.

Ketua Prodi IKM,  Emy Leonita, SKM, MPH ketika ditemui Gema IKM mengatakan kalau dirinya menyambut baik adanya kegiatan seperti ini. Menurutnya aksi seperti ini dapat mengingatkan mahasiswa mencegah penyakit ISPA dan mengurangi aktivitas di luar ruangan. “Kalau terpaksa beraktivitas di luar, gunakan masker” Ujarnya.

Aksi Peduli seperti pembagian  masker ini sebenarnya cukup sederhana, tapi memiliki arti dan manfaat yang cukup berarti. Karena selain dapat mengurangi resiko terserang Penyakit ISPA, juga dapat memberikan pesan kepada mahasiswa tentang pentingnya menjaga kesehatan dan perlunya kepedulian terhadap sesama mahasiswa maupun sesama masyarakat.

(M. Zaid Alherisyah & Mohd Fajrin)

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPrint this page

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


H. Moh. Sukri, SH

H. Moh. Sukri, SH

Ketua Yayasan Hang Tuah Pekanbaru

H. Ahmad Hanafi, SKM, M. Kes

H. Ahmad Hanafi, SKM, M. Kes

Ketua STIKES Hang Tuah Pekanbaru

Muhardi, S. Kom, M. Kom

Muhardi, S. Kom, M. Kom

Ketua STMIK Hang Tuah Pekanbaru